Saturday, 10 December 2011

Rantai Makanan

Rantai Makanan
Hubungan saling ketergantungan antar makhluk hidup dapat berupa hubungan makan dan dimakan. Hubungan ini akan membentuk rantai
makanan. Perhatikan rantai makanan berikut ini.

Rumput dimakan oleh belalang. Kemudian belalang yang memakan rumput akan dimakan oleh ular. Selanjutnya ular akan dimakan oleh elang. Peristiwa saling memakan tersebut merupakan bentuk interaksi antar makhluk hidup.
Pada peristiwa makan dan dimakan tersebut, rumput berperan sebagai produsen karena dapat membuat makanannya sendiri. Kemudian, belalang yang memakan rumput disebut konsumen tingkat I. Ular yang memakan belalang disebut konsumen tingkat II, sedangkan elang yang memakan ular disebut konsumen tingkat III. Belalang, ular, dan elang tidak dapat membuat makanan sendiri sehingga disebut konsumen.
Apabila elang mati dan membusuk akan menjadi humus yang menyuburkan tanah sehingga rumput akan tumbuh subur. Semua makhluk
hidup yang mati apabila tidak dimakan oleh makhluk hidup yang lain akan diuraikan oleh bakteri atau jamur. Bakteri atau jamur disebut pengurai. Hasil penguraian tersebut bermanfaat bagi tumbuhan sebagai zat hara.
contoh lain rantai makanan:

rantai makanan bisa juga digambarkan dengan piramida makanan :


c.Jaring-Jaring Makanan
Dalam kehidupan sehari-hari, peristiwa makan dan dimakan tidak sesederhana seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya. Rumput sebagai produsen tidak hanya dimakan oleh belalang saja, tetapi juga dimakan oleh burung dan hewan lainnya. Ular tidak hanya memakan katak saja tetapi juga memakan tikus, ayam, dan hewan lainnya.
Sekumpulan rantai makanan ini saling berhubungan satu dan yang lainnya memben tuk jaring-jaring makanan. Contoh jaring-jaring makanandapat dilihat pada gambar berikut ini.

Pada jaring-jaring makanan tersebut ada beberapa rantai makanan diantaranya :
1.Bunga mawar –> ulat –> burung pipit –> burung elang
2.Sawi –> belalang –> katak –> burung elang
3.Sawi –> ulat –> burung pipit –> burung elang

No comments:

Post a Comment